Cerita Rakyat jawa tengah “Giri Purna”

“Giri Purna”

Cerita Rakyat Wilayah Klaten (pakahan)

                Pada zaman dahulu sekitar pada tahun 1850  yang lalu hiduplah seseorang yang bernama karsa ia adalah orang yang sangat kaya dari seluruh penduduk yang bertempat tinggal di desa Kauman, wilayah Kampung pakahan pada saat itu, karena Karsa sangat kaya di kampungnya hingga dipanggil dengan Kyai Karsa.

Kyai Karsa pada sekitar tahun 1875 membangun sebuah pemakaman dan Masjid yang di khususkan untuk dirinya dan para Keluarganya, Kyai Karsa membangun 2 komplek pemakaman, pemakaman komplek yang di khususkan bagi seluruh keluarganya dibuat  2 meter lebih tinggi dari tanah daratan sekitarnya dan  diberi nama “Giri Purna” yang bertempat di Kalibajing, Kalibajing sendiri penamaan desa kalibajing di ambil dari  seorang Kyai yang bernama Kyai Ajal Bajing dan banyak terdapat pula “Kali”  sungai kecil. Dan di sebelah selatannya Kyai Karsa membangun  pemakaman yang dibuat untuk para masyarakat umum  wilayah Pakahan.

40 tahun kemudian Kyai Karsa pada umur 71 tahun, tahun 1921 Kyai Karsa Meninggal, meninggalnya kyai Karsa  diiringi oleh Kereta kencana berkuda empat yang sangat mewah dan para seluruh keluarga keturunan  Kyai Karsa. Pemakaman Kyai karsa disaksikan Banyak orang, disaat pemakaman Kyai Karsa di makam kyai karsa  di beri arang dan “wedhi”   dan peralatan yang sangat kaya, adanya Replika wayang orang yang terbuat dari kayu.  Makam kyai karsa makam yang pertama kalinya yang menempati kompleks pemakaman yang dibuatnya yan  di khususkan untuk seluruh keturunannya.

Keturunan Kyai Karsa hingga saat ini masih ada dan untuk memeringatinya pada setiap tanggal 16 Jawa, Pada bulan Ruwah selalu di peringati untuk “Sadranan”  dan Kompleks Makam yang terdapat di kalibajing dan tobayan  sampai sekarang masih digunakan untuk pemakaman umum warga sekitar dusun Pakahan.

 

Disusun Oleh : Joko Setyawan, Klaten

Post Komentar Anda Di Sini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s