Mencicipi Facebook Camera: Instagram ala Facebook

Lagi-lagi Facebook membuat berita mengejutkan dengan meluncurkan aplikasi foto bernama Facebook Camera. Padahal, situs jejaring ini baru saja mencaplok Instagram.

Kesepakatan antara Facebook dan Instagram sendiri memang belum seratus persen tuntas. Diberitakan sebelumnya, penundaan deal ini disebabkan karena adanya investigasi dari Komisi Perdagangan Federal Amerika Serikat (FTC).

Namun, di luar berbagai pertanyaan dan kontroversi yang muncul, sebenarnya seberapa hebatkah performa aplikasi foto anyar Facebook tersebut dan apa bedanya dengan ‘saudara tirinya’? Yuk, kita telusuri:

Tampilan Muka

Saat masuk ke dalam aplikasi ini, pengguna akan menyaksikan ikon kamera di pojok kiri atas, bersandingan dengan foto-foto yang diambil lewat kamera Facebook Camera.

Lantas saat discroll ke bawah dengan melakukan swipe, akan muncul foto-foto Facebook milik kontak pengguna. Ya, aplikasi ini terhubung dengan Facebook sehingga foto-foto yang diupload teman di situs jejaring raksasa tersebut ikut ditampilkan di photo feednya.

Filter

Bila Instagram memiliki total 17 filter di dalam layanannya, maka aplikasi dari Facebook ini memiliki ‘kosmetik’ yang lebih sedikit, yakni sebanyak 14 filter.

Perbedaan lainnya dengan filter milik Instagram dari segi namanya. Facebook Camera memakai nama-nama ‘deskriptif’ yang lebih memudakan pengguna yang akan mengutak atik foto. Contohnya Contrast, Light, Bright dan Golden.

Jujur saja, untuk filter di Facebook Camera, ia masih kalah menawan dari filter yang disuguhkan Instagram. Perpaduan warna di Instagram terasa lebih ‘menggigit’.

Fitur

Karena app Facebook Camera terhubung dengan Facebook, maka pengguna mampu untuk melakukan tagging di foto. Pembubuhan like dan comment juga turut dimungkinan meski disayangkan, fitur ini ‘menempel’ di atas foto sehingga terkadang terasa merusak tampilan.

Selain itu ada juga fitur cropping, namun fitur tilt-shift yang mampu membuat titik tertentu di foto tajam dan area lainnya blur, absen di aplikasi ini.

Meski filternya kalah cantik, namun Facebook Camera memiliki fitur yang diunggulkan, yakni kemampuannya mengupload beberapa foto sekaligus (multiple upload) dalam satu status dengan melakukan centang. Plus, foto yang ada di sini bisa di-tap kemudian di-zoom. Dua fitur ini tidak dijumpai di Instagram.

Sejauh ini, aplikasi Facebook Camera hanya tersedia untuk piranti iOS di negara-negara berbahasa Inggris. Hal itu berarti pengguna Indonesia masih harus bersabar untuk bisa menikmatinya.

COpas : detik.com

Post Komentar Anda Di Sini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s