Produsen BlackBerry Isunya Bakal PHK 2.000 Karyawan

Kabar miring menerpa Research In Motion (RIM), pembuat smartphone BlackBerry itu digosipkan telah mempersiapkan langkah restrukturisasi. Dimana aksi ini akan mengorbankan sekitar 2.000 karyawan secara global.

Surat kabar The Canadian melansir, sebuah sumber yang dekat dengan isu ini menyebut bahwa aksi PHK tersebut direncanakan bakal mulai dijalankan pada awal Juni mendatang.

Adapun yang terkena dampaknya konon berasal dari divisi legal, marketing, sales, operation, dan human resources.

“Satu pertanyaan strategis yang muncul adalah, apakah Anda (RIM-red.) ingin melakukan penetrasi yang lebih baik lagi di masa depan atau dengan berjalan secara lebih efisien untuk operasi yang terbatas,” ujar sumber yang enggan disebutkan namanya itu.

Pihak RIM sendiri enggan berkomentar ketika dimintai keterangan tentang beredarnya isu tidak populis ini. Namun juru bicara tersebut ingin menegaskan bahwa CEO RIM Thorsten Heins dan CFO Brian Bidulkan telah bekerja dengan baik dan membuat perusahaan hemat USD 1 miliar di tahun fiskal kemarin.

Ditambahkannya, RIM saat ini telah memiliki sebanyak 16.500 karyawan secara global. Jumlah ini sejatinya juga sudah sedikit menurun, sebab ketika masa jayanya, vendor asal Kanada ini sempat memiliki hampir 20 ribu pegawai.

Meski sudah berganti nakhoda dari duet CEO Mike Lazaridis-Jim Balsillie ke Thorsten Heins, namun RIM tetap menjadi sorotan. Bisa ditebak, hal ini terkait dari performa bisnis BlackBerry yang terus tertekan oleh iPhone dan serbuan ponsel Android di berbagai negara.

Bahkan sejumlah petinggi perusahaan ini sudah beberapa kali dilaporkan telah meninggalkan perusahaan. Mulai dari kepergian bos BlackBerry Messenger hingga yang terbaru, hengkangnya kepala sales BlackBerry.

Post Komentar Anda Di Sini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s